5 Jurus Membuat CV Tanpa Pengalaman untuk Fresh Graduate
5 Jurus Membuat CV Tanpa Pengalaman untuk Fresh Graduate | TopKarir.com

Pengalaman kerja jadi salah satu poin penting yang dilihat oleh perekrut dalam sebuah CV. Sering kita temui lowongan pekerjaan dengan kualifikasi pengalaman kerja dalam periode waktu tertentu. Namun, hal ini bikin para lulusan baru merasa nggak percaya diri bahkan mundur sebelum coba melamar.

 

Buat para lulusan baru, sebenarnya pengalaman yang dimaksud bukan cuma soal pekerjaan secara profesional di bidang tertentu. Melainkan juga pengalaman organisasi, kepanitiaan, berkomunitas, sampai kegiatan volunteer.

 

Semua itu bisa kamu cantumkan dalam CV untuk menunjukkan kalau kamu juga punya pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 cara menyusun CV tanpa pengalaman kerja yang fresh graduate harus tau.

 

1. Masukkan pengalaman organisasi/volunteer

Nggak perlu minder sebagai lulusan baru yang belum punya pengalaman kerja. Kamu bisa cantumkan pengalaman organisasi/kepanitiaan/volunteer yang relevan dengan posisi kerja yang kamu lamar.

 

Pengalaman organisasi/komunitas yang kamu ikuti membuktikan kamu punya basic kerja sama & mampu bekerja dalam tim, karena soft skill itulah yang juga dibutuhkan perusahaan pada umumnya.

 

Atau masukkan pengalaman magang yang pernah kamu ikuti di masa perkuliahan/sekolah. Setidaknya rekruter melihat kamu punya dasar pengetahuan terkait tugas dan tanggung jawab posisi tertentu.

 

2. Lengkapi informasi pendidikan

Informasi pendidikan jadi elemen yang nggak boleh ketinggalan dimasukkan ke dalam CV. Karena kamu belum punya pengalaman kerja, latar belakang pendidikan jadi aspek yang memperlihatkan kesesuaian kamu dengan posisi kerja yang ditawarkan perusahaan.

 

Tapi ingat ya, nggak perlu kamu masukkan pendidikanmu dari taman kanak-kanak, cukup sematkan 2 pendidikan terakhir yang kamu tempuh. Tulis nama instansi pendidikan, jurusan, tahun lulus, dan IPK kalau kamu menempuh jenjang perguruan tinggi. 

 

3. Masukkan skill dan prestasi yang relefan

Nggak ketinggalan isi juga CV-mu dengan skill dan prestasi yang masih relevan dengan posisi kerja yang kamu lamar. Ingat ya, jangan berbohong perihal skill ini, tulis dengan jujur, keterampilan apa yang kamu bisa dan kekuatan apa yang menonjol dari diri kamu.

 

Prestasi semasa mengenyam pendidikan juga bisa kamu tambahkan asalkan masih berhubungan dengan bidang kerja yang kamu tuju.

 

Misalnya kamu melamar untuk posisi yang berkaitan dengan kepenulisan, kalau kamu pernah memenangkan kompetisi karya tulis ilmiah, puisi, atau menulis cerpen, kamu bisa menambahkannya ke dalam CV.

 

4. Deskripsi diri yang menarik

Meskipun kamu belum punya pengalaman kerja yang bisa ditambahkan dalam CV, kamu masih bisa menarik perhatian HRD lewat deskripsi diri. Bagian deskripsi diri ini jadi salah satu kolom spesial dan kesempatanmu untuk bersinar.

 

Berikan kalimat singkat yang menunjukkan ketertarikanmu pada bidang kerja/industri yang mau kamu lamar. Contohnya: 

 

“Fresh graduate yang punya passion tinggi di bidang (tulis spesialisasimu), tanggung jawab yang tinggi, kemampuan adaptasi yang baik, serta kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri”.

 

Beri deskripsi yang kuat meskipun singkat, karena bagian ini akan menjadi kesan awal yang dilihat oleh rekruter.

 

5. Perhatikan penggunaan font dan typo

Nah, yang terakhir ini seringkali dilupakan, padahal font dan typo bisa mempengaruhi ketertarikan rekruter terhadap CV-mu, lho.

 

Pemilihan font yang sederhana dan mudah dibaca harus diperhatikan. Pasalnya rekruter pasti nggak punya waktu banyak membaca CV-mu diantara banyaknya CV lain yang masuk.

 

Jadi, pastikan kamu membuat CV yang jelas dan singkat dengan font yang mudah dibaca. Nggak perlu dekorasi yang ramai sampai poin utama CV-mu jadi tenggelam. Hindari juga typo dengan teliti membaca ulang CV sebelum dikirim.

 

Gimana, sudah siap mengirim CV ke perusahaan impianmu? Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.