6 Hal Penting yang Bikin CV Fresh Graduate Dilirik Perusahaan
6 Hal Penting yang Bikin CV Fresh Graduate Dilirik Perusahaan | TopKarir.com

Melamar kerja tujuannya sudah pasti diterima dan jadi karyawan tetap, tapi nyatanya dapetin pekerjaan nggak semudah yang kita bayangkan. Selain kualifikasi yang belum tentu memenuhi ekspektasi, kompetisi memperebutkan kursi kantor juga semakin ketat.

 

Apalagi buat para fresh graduate yang kebanyakan minim pengalaman, kalau dibanding karyawan yang sudah punya jam terbang tinggi tentu akan sangat sulit bersaing.

 

Karena itu kamu harus punya modal yang kuat nih, agar lamaran kamu bisa diterima perusahaan. Berikut 7 hal yang harus ada di CV biar makin dilirik perusahaan!

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Mataram? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Kelengkapan identitas diri

Pastikan perusahaan mengenal diri kamu dengan baik ya. Ibarat pertemuan pertama kamu harus bisa mendeskripsikan identitas kamu secara jelas dan padat. Lengkapi nama, alamat tinggal, nomor telepon, email yang bisa dihubungi sampai latar belakang pendidikan.

 

2. Deskripsi diri

Nggak lupa juga tulis deskripsi singkat yang menggambarkan diri kamu ya. Tulis deskripsi diri sebanyak tiga atau empat kalimat singkat, padat dan jelas untuk menarik perhatian HRD. Kamu bisa menceritakan siapa diri kamu, pendidikan terakhir, keahlian dan tujuan dalam berkarir.

 

3. Soft skill dan hard skill

Hard skill adalah keahlian yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan, hard skill biasanya tertera pada kolom deskripsi lowongan kerja, dan jadi gambaran pekerjaan kamu nantinya.

 

Dilansir dari laman The Balance Career, hard skill bisa kamu dapat dari kelas pendidikan, pelatihan dan sertifikasi, program magang atau pekerjaan.

 

Sedangkan soft skill adalah atribut personal yang berkaitan dengan kepribadian yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan. Seperti kemampuan berkomunikasi, adaptasi, team work, leadership, problem solving dll.

 

Di dalam CV kamu harus mencantumkan keduanya, baik hard skill dan soft skill, tapi yang benar-benar kamu kuasai ya. Kalau merasa belum mempunyai keduanya, kamu bisa belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang yang kamu inginkan lewat program Pelatihan dan Sertifikasi.

 

Atau kamu juga bisa ikut pelatihan / kelas online untuk menambah wawasan dan kompetensi mu melalui fitur TopEdu.

 

TopEdu merupakan platform belajar / pelatihan online yang dikemas dalam materi video yang disampaikan langsung oleh mentor-mentor berpengalaman di bidangnya dengan cara yang santai dan seru! Kamu jadi lebih mudah menyerap ilmu dan menerapkannya.TopEdu bisa kamu temukan langsung di aplikasi TopKarir.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Kupang? Temukan selengkapnya di sini.

 

4. Pengalaman dan prestasi

Selanjutnya jangan lupa cantumkan poin pengalaman dan prestasi yang “menjual”. Ceritakan singkat dalam bentuk poin, project apa saja yang pernah kamu ikuti semasa sekolah / kuliah. Bisa kegiatan volunteer atau keanggotaan acara kampus / komunitas.

 

Lalu tambahkan juga prestasi yang berkaitan dengan bidang kerja yang kamu pilih. Keaktifan kamu di lingkungan sosial dan pendidikan akan menjadi nilai plus lho di mata HRD.

 

5. Sisipkan link portofolio

Buat kamu yang melamar di bidang kreatif, seni, desain atau penulisan, portofolio penting banget buat dicantumkan. Dengan begitu kamu akan dianggap siap memulai kerja.

 

HRD akan melihat seberapa jauh potensi kamu untuk bisa berkembang di perusahaan lewat portofolio. Kamu bisa memanfaatkan media digital untuk menyimpan portofolio kamu juga lho.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Ambon? Temukan selengkapnya di sini. 

 

6. Perhatikan desain dan penulisan CV

Menurut Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia hal yang juga penting untuk diperhatikan saat menulis CV adalah desain dan penulisan.

 

Desain CV sebaiknya nggak menggunakan warna yang terlalu banyak, buat lebih simple tapi tetap menarik. Jangan ada typo atau kesalahan ketik, tata bahasa dan penulisan kalimat juga harus rapi karena CV sebagai bentuk first impression kamu ke HRD.

 

Itu tadi 6 poin penting dalam pembuatan CV buat para fresh graduate. Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.