Cara Mudah dan Cepat Lancar Berbahasa Inggris
Cara Mudah dan Cepat Lancar Berbahasa Inggris | TopKarir.com

Di tahun 2020 ini punya kemampuan satu bahasa aja nggak cukup. Apalagi perihal karir, punya kemampuan berbahasa asing jadi syarat yang sering muncul di berbagai lowongan kerja. Bahasa asing yang perlu kamu kuasai utamanya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

 

Saat meeting, bertemu klien, interview kerja atau presentasi kemampuan bahasa inggris sangat diandalkan, apalagi kalau kamu kerja di perusahaan multinasional. Kalau saat ini kamu masih ngerasa kemampuan bahasa inggrismu kurang, nggak ada kata telat kok untuk memperbaikinya atau bahkan memulainya.

 

Selain kursus, banyak lho cara lain yang lebih cepat dan mudah untuk bisa lancar dalam berbahasa inggris. Cara cepat dan mudah menguasai bahasa inggris bisa kamu simak di bawah ini.

 

Nonton film berbahasa inggris tanpa subtitle

Kegiatan yang menyenangkan sekaligus bisa menambah kemampuan bahasa inggris kamu adalah menonton film. Mulailah menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle, atau kalau belum lancar menangkap kalimat dalam percakapan gunakan subtitle berbahasa inggris. Dengan begitu kamu bisa memperhatikan dan mempelajari kalimat yang ada dalam setiap adegan film.

 

Membaca novel dan menulis

Membaca bagi sebagian orang mungkin adalah kegiatan yang membosankan. Tapi kebiasaan membaca harus dimulai dari sekarang nih. Karena manfaatnya banyak banget buat kehidupan kamu sekarang dan di masa depan.

 

Kalau sudah terbiasa membaca buku berbahasa Indonesia, ada baiknya mulai menjamah buku dengan bahasa inggris. Jika ada kata yang belum kamu pahami, kamu bisa mencari terjemahannya dan menambahkan catatan kecil di bukunya langsung. Mulailah membaca buku dari kategori / tema yang kamu sukai.

 

Menulis juga bisa membantu kamu mempelajari bahasa inggris dengan cepat. Hal simple aja, kamu bisa menulis caption / biodata di media sosial kamu menggunakan bahasa inggris. Atau membuat cerita sederhana maupun diary dalam bahasa inggris. Tulis kalimat yang kamu paham, jika ada kesalahan kosakata atau tata bahasa, kamu bisa mengoreksinya nanti.

 

Menghafal lirik lagu berbahasa inggris

Cara mudah belajar bahasa inggris lainnya adalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris. Nah, pasti dong kamu punya beberapa playlist lagu-lagu berbahasa Inggris yang sering kamu dengar. Coba cari tahu terjemahan lirik lagu itu dan catat beberapa kata yang bisa digunakan dalam keseharian, sehingga kosa kata kamu semakin bertambah.

 

Rutin berkomunikasi dengan bahasa inggris

Cara cepat dan mudah lainnya untuk melatih kemampuan bahasa inggris adalah dengan sering-sering berinteraksi dengan orang asing atau temanmu yang sudah lancar berbahasa inggris. Kamu bisa memulai pertemanan dengan orang dari luar Indonesia lewat media sosial. Lakukan interaksi sederhana baik dalam tulisan maupun lisan. Yang penting ketika berinteraksi kamu harus PeDe, banyak orang bisa fasih berbahasa inggris karena terbiasa. Jangan takut untuk memulai dan jangan takut jika salah ya.

 

Grammar dan pelafalan itu memang penting dipelajari, tapi ada baiknya kamu mulai mempraktekkan apa yang saat ini kamu pahami. Seiring berjalannya waktu kemampuan bahasa inggrismu makin terasah.

 

Belajar lewat aplikasi e-learning

Di jaman yang serba digital seperti sekarang, metode balajar makin mudah dan berkembang, salah satunya belajar di e-learning. Belajar bahasa inggris sekarang nggak harus datang ke tempat kursus dan menyesuaikan dengan jadwal yang diberikan.

 

Kita bisa dengan mudah mengakses materi belajar bahasa inggris secara online hanya lewat satu aplikasi kapanpun dan dimanapun. Kemudahan belajar ini bisa kamu dapatkan di TopEdu dari aplikasi TopKarir.

 

Nggak cuma materi bahasa inggris aja lho, kamu bisa temukan beragam materi belajar sesuai yang kamu mau. Dibimbing oleh mentor-mentor profesional dengan penyampaian yang ringan bikin lebih mudah dipahami dan dipelajari. Kamu bisa mulai belajar disini.