Ini Alasan Mengapa Membangun Networking itu Penting
Ini Alasan Mengapa Membangun Networking itu Penting | TopKarir.com

Memiliki networking atau jaringan yang bagus bisa menjadi salah satu cara meraih kesuksesan. Bukan hanya terkait personal branding, namun semakin baik jaringan karir kamu, maka semakin terbuka lebar peluang untuk membesarkan bisnis atau meningkatkan prospek karir ke depan.

 

Lantas mengapa membangun networking itu penting untuk berkarir?  Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu networking?

Berjejaring bukan hanya pertukaran informasi dengan orang lain dan tentunya bukan tentang meminta bantuan. Jaringan adalah tentang membangun dan memelihara hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan orang yang kamu temui.

 

Kamu tidak perlu bergabung dengan beberapa asosiasi profesional dan menghadiri setiap acara jaringan yang datang untuk menjadi penggiat jejaring yang sukses.

 

Faktanya, jika kamu mengalihkan perhatian dari media sosial dan mulai menyadari networking jaringan yang nyata, kamu akan mulai mengerti bahwa dunia karir memang begitu luas adanya.

Mengapa membangun jaringan penting untuk kesuksesanmu?

Para ahli setuju bahwa orang yang jaringannya luas adalah orang yang paling sukses. Ketika kamu berinvestasi dalam hubunganmu, baik secara profesional dan pribadi, hal itu dapat membayarkan kembali dividen sepanjang karir kamu. 

 

Jaringan akan membantu kamu mengembangkan dan meningkatkan keahlian, tetap mengikuti tren terbaru dalam industri, terus memantau pasar kerja, bertemu calon mentor, mitra, klien, dan mendapatkan akses ke sumber daya yang diperlukan yang akan membantu perkembangan karir kamu.

1. Pentingnya jaringan untuk pengembangan karir

Pengembangan karir, dalam istilah yang paling sederhana, adalah evolusi karir kamu seumur hidup.

 

Ini dipengaruhi oleh sejumlah hal yang mencakup pekerjaan yang dipegang, pengalaman yang diperoleh di dalam dan di luar kantor, kesuksesan yang diraih di setiap tahap karir, pendidikan dan pelatihan formal dan informal yang kamu terima, dan umpan balik yang kamu terima.

 

Idealnya, organisasi akan lebih menekankan pada pengembangan karyawan di tempat kerja. Oleh karena itu pentingnya jaringan untuk pengembangan karir.

 

Saat kamu berjejaring dengan orang-orang di perusahaan, di industri dan bahkan di luar bidang minat tertentu, kamu akan menemukan peluang untuk terhubung dengan berbagai jenis mentor dan penasihat, meningkatkan visibilitas kamu dengan senior manajemen.

 

Dengan begitu kamu bisa mengembangkan lebih lanjut bidang keahlian kamu, dan meningkatkan keterampilan.

2. Pentingnya jaringan di tempat kerja

Kamu mungkin berasumsi bahwa berjejaring adalah aktivitas yang dilakukan di luar kantor atau di luar jam kerja, tetapi yang paling efektif adalah berhubungan dengan mereka yang bekerja bareng kamu.

 

Meskipun ada banyak manfaat dalam berhubungan dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan lain atau di bidang yang berbeda, jangan mengabaikan pentingnya berjejaring di tempat kerja.

 

Saat kamu mengembangkan hubungan dengan orang-orang di departemen kamu dan di divisi lain, perhatikan calon mentor, peluang pengembangan profesional yang akan datang. 

3. Pentingnya networking dalam pencarian kerja

Tak perlu dikatakan bahwa jaringan sangat penting selama pencarian kerja. Peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan meningkat sepuluh kali lipat dengan referensi karyawan yang tepat. 

 

Dan, jika kamu ingin membuat perubahan karir, jaringan profesional dapat mendukungmu dengan membantu menemukan koneksi di industri yang kamu coba masuki atau membantu menemukan prospek untuk pekerjaan di perusahaan tertentu.

 

Luangkan waktu untuk membangun hubungan yang bermakna dengan orang-orang di lingkaran profesional kamu, jadi ketika saatnya tiba untuk mencari pekerjaan, kamu dapat memanfaatkan koneksi berharga tersebut untuk referensi, wawasan tentang prospek pekerjaan, dan informasi berharga lainnya.

 

Itu dia sederet alasan mengapa membangun networking itu penting. Temukan juga berbagai lowongan kerja menarik lainnya di JatimCerdas.id. Intip tips karir selengkapnya di sini untuk memperluas wawasan karir kamu.