Ini Tips Menemukan Networking yang Efektif, Jobseeker Wajib Tahu
Ini Tips Menemukan Networking yang Efektif, Jobseeker Wajib Tahu | TopKarir.com

Memiliki networking adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan para jobseeker. Ya, pasalnya, jaringan adalah salah satu hal yang bisa membuka peluangmu mendapatkan pekerjaan atau relasi bisnis tertentu.

 

Namun, memiliki networking bukanlah hanya sekedar banyak teman saja. Relasi yang kuat haruslah efektif dan sesuai dengan minat serta tujuan kamu. 

 

Lantas, bagaimana kamu dapat memastikan jaringan atau networking yang kamu miliki sudah efisien dan efektif? Kelima tips ini akan membantu.

1. Cari tahu gaya networking seperti apa yang paling cocok untuk kamu

Networking satu orang dengan yang lainnya tentu bisa berbeda dan itu adalah hal wajar. Agar relasi yang kamu punya efektif, kuncinya adalah mencoba sejumlah strategi jaringan yang berbeda untuk menemukan apa yang paling cocok untukmu. 

 

Misalnya, jika kamu seorang introvert, kamu mungkin lebih suka menjalin hubungan berdua sambil minum kopi atau menghadiri acara yang lebih intim dengan lebih sedikit orang.

 

Setelah kamu menemukan gaya relasi yang ideal, pertimbangkan ke mana kamu dapat pergi untuk bertemu orang yang tepat yang dapat membantumu mencapai tujuan pengembangan karir saat ini.

2. Berpikir out of the box

Kamu tidak harus menghadiri pesta tertentu untuk sukses menemukan relasi. Carilah peluang untuk membangun jaringan secara strategis di setiap aspek kehidupan, seperti memilih acara dan organisasi yang penting dan sesuai dengan tujuan.

 

Mulailah dari mana kamu termotivasi untuk bertemu orang baru dengan minat profesional atau pribadi yang sama. Pikirkan tentang apa yang kamu sukai dan tipe orang yang paling nyaman untuk diajak berkomunikasi. 

 

Jika ingin memiliki relasi yang sukses, kamu juga disarankan untuk menjadi sukarelawan untuk mencari pekerjaan baru atau untuk memajukan karir. Menjadi sukarelawan adalah cara terbaik untuk mengembangkan jaringan, menunjukkan nilai, mempelajari berbagai jalur serta peluang karir. 

3. Buat rencana dan tujuan yang jelas

Meskipun kamu tidak perlu tahu persis apa yang kamu harapkan dari setiap peluang berelasi, penting untuk selalu memiliki tujuan ketika ingin berhubungan dengan seseorang.

 

Misalnya, kamu dapat menghadiri acara dengan tujuan untuk terhubung dengan tiga orang baru di industri tersebut atau membawa kembali satu wawasan baru untuk dibagikan dengan rekan kerja. Hindari memperbanyak relasi untuk alasan yang tidak jelas.

4. Mengikuti arahan

Ini adalah tugas yang sederhana, namun banyak profesional mengabaikan langkah penting ini dalam proses membentuk networking. Waktu yang kamu habiskan untuk berbicara dengan orang baru tidak akan bermanfaat bagi perkembangan karir jika kamu gagal untuk menindaklanjuti action setelahnya. 

 

Meskipun kamu tidak perlu mengirim pesan yang panjang dan menyentuh hati setelah bertemu orang baru, kamu harus mengirim permintaan koneksi, misalnya, dari LinkedIn agar tidak kehilangan komunikasi. 

5. Berusahalah untuk saling menguntungkan

Carilah peluang untuk memberikan nilai kepada orang-orang di jaringanmu sebelum meminta bantuan. Semakin banyak kamu berinvestasi dalam hubungan tersebut, semakin banyak kamu akan belajar tentang koneksi baru dan semakin mudah untuk meminta bantuan dengan relasi tersebut di kemudian hari.

 

Nilai yang kamu berikan tidak terbatas pada tempat kerja; ini bisa apa saja, mulai dari rekomendasi hotel hingga perkenalan dengan seseorang di jaringan pribadimu. Dengan banyak memberi, tentu membangun networking akan semakin menguntungkan.

 

Selain belajar membangun relasi, temukan tips karir terbaik lainnya di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja yang lagi kamu cari di JatimCerdas.id.