Kenali Manfaat dan Keutamaan Membayar Zakat Fitrah
Kenali Manfaat dan Keutamaan Membayar Zakat Fitrah | TopKarir.com

Nggak terasa ya Idul Fitri sudah di depan mata, di akhir-akhir Ramadan umat Muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah kewajiban individu (fardhu 'ain) yang dikeluarkan oleh umat muslim yang memiliki kemampuan harta.

 

Batas waktu pembayaran zakat fitrah yakni sampai pagi hari sebelum shalat Idul Fitri dimulai. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan yakni satu sha’ yang senilai dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari.

 

Makna zakat fitrah bukan hanya memberi sebagian harta bagi muslim yang mampu. Tapi juga sebagai upaya untuk membersihkan diri dan menyempurnakan ibadan puasa Ramadan yang sudah kita jalani selama sebulan penuh.

 

Apa aja sih manfaat dan keutamaan membayar zakat? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

Mensucikan harta dan meningkatkan nilai keimanan

Secara bahasa zakat bermakna suci atau bersih. Mengeluarkan zakat artinya mensucikan harta kekayaan dunia yang kita punya. Mensucikan harta akan menjauhkan kita dari segala sifat kikir yang berasal dari dalam hati yakni sifat selalu menyimpan dan menimbun harta tanpa berniat sekalipun untuk berinfaak dan bersedekah.

 

Di dalam harta yang kita punya terdapat hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi lewat membayar zakat. Berzakat akan membuat harta yang kita punya menjadi berkah untuk kehidupan.

 

Selain itu, membayar zakat juga mengangkat derajat keimanan seseorang sekaligus membantu sesama saudara yang membutuhkan. Karena berzakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi sebagai hamba Allah SWT.

 

Mendekatkan diri dengan Allah SWT

Berzakat tidak akan membuat rugi siapapun. Memberi dengan ikhlas atas harta yang kita miliki pada saudara yang lebih membutuhkan tidak akan membuat kita kehilangan kebahagiaan, justru Allah SWT akan memberi keberkahan dalam hidupnya baik di dunia maupun di akhirat.

 

Membayar zakat fitrah juga mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda,

 

“Dua malaikat turun setiap pagi. Yang satu berkata: ‘Ya Allah, berikan orang yang mengeluarkan sesuatu, sebagai ganti dari apa yang ia keluarkan. Dan yang lainnya berkata:‘ Ya Allah, berikan penghancuran kepada orang-orang yang kikir.” (Hadist Riwayat: Al-Bukhari)

 

Kamu perlu tahu, apapun yang kamu keluarkan dengan niat beramal dan ikhlas, akan kembali padamu, mungkin bukan dalam bentuk yang sama tapi yakinlah Allah SWT mempersiapkan balasan yang setimpal untuk setiap amalan.

 

Menenangkan hati dengan membantu orang lain

Fastabiqul khoirot, Berlomba-lombalah berbuat kebajikan.

 

Berzakat dapat melatih umat muslim untuk ikhlas. Jika dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan dan pamrih sedikitpun maka zakat yang dikeluarkan bisa menjadi media untuk melatih diri menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus dalam melakukan kebajikan.

 

Membayar zakat tidak akan membuat hartamu berkurang, malah kamu akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa dalam menjalani kehidupan.

 

Buat kamu yang mampu secara finansial untuk mensisihkan hartanya zakat menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Baik kamu yang sudah bekerja maupun yang masih mencari pekerjaan, membantu sesama yang lebih membutuhkan jadi amalan yang mulai dan atas izin Allah SWT, setiap jalan kebaikanmu akan diberi kemudahan.

 

Itu tadi keutamaan dan manfaat membayar zakat fitrah di bulan Ramadan. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir Ramadan lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!