Tertarik Belajar Bahasa Korea? Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation Ini Bisa Kamu Coba
Tertarik Belajar Bahasa Korea? Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation Ini Bisa Kamu Coba | TopKarir.com

Sejak tahun 1993, Korea Foundation (KF) secara rutin menawarkan program beasiswa kursus bahasa Korea bagi pelajar dan masyarakat internasional (termasuk dari Indonesia).

 

Program 2022 KF Fellowship for Korean Language Training (KLT) akan dilaksanakan pada Korean Language Institute di universitas yang ada di Korea minimal selama enam bulan. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation.

 

 

Durasi Kursus Bahasa Korea: Minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun. Program kursus akan dimulai pada bulan Maret atau September 2022. Apabila penerima beasiswa memiliki hasil/nilai yang memuaskan, durasi penerimaan beasiswa akan diperpanjang hingga 2-3 bulan (total maksimal 12 bulan).

Kuota Beasiswa: 40 orang

 

CAKUPAN BEASISWA KURSUS BAHASA KOREA

 
  1. Tunjangan hidup per bulan:
    a. Bagi Mahasiswa/Lulusan S1, pemegang gelar BA/MA, atau memiliki pengalaman kerja di bidang yang berkaitan kurang dari 3 tahun akan mendapatkan KRW 1,000,000 (± Rp 12,6 juta) per bulan
    b. Bagi Kandidat PhD atau memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang yang berkaitan akan mendapatkan KRW 1,200,000 (± Rp 15,1 juta) per bulan.
  2. Tunjangan perjalanan yang diberikan satu kali senilai KRW 300,000 (± Rp 3,7 juta). Perlu diperhatikan, beasiswa yang diberikan tidak termasuk tiket pesawat.
  3. Gratis biaya pelatihan di institusi yang ada di Korea.
  4. Asuransi kecelakaan dan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan asuransi Korea.
  5. Tersedia asrama (jika peserta memilih tinggal di asrama kampus, maka uang asrama akan dibayarkan langsung dari tunjangan per bulan).

 

PERSYARATAN BEASISWA KURSUS BAHASA KOREA OLEH KOREA FOUNDATION

  1. Peserta yang dapat mendaftar beasiswa Kursus Bahasa Korea ini adalah mereka yang mengambil jurusan studi Korea (humaniora, ilmu sosial, dan budaya/seni), ATAU yang saat ini terlibat dalam penelitian yang berhubungan dengan Korea, ATAU sedang bekerja pada bidang yang berhubungan dengan Korea, dan memenuhi salah satu profil berikut:
    a. Merupakan mahasiswa Pascasarjana (Master/PhD) yang menempuh jurusan/bidang studi yang berkaitan dengan Korea dengan rencana penelitian yang topiknya berkaitan dengan Korea; ATAU
    b. Merupakan peneliti/dosen/profesor universitas yang saat ini mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Korea atau sedang meneliti hal-hal yang berhubungan dengan Korea di universitas atau institusi penelitian (nirlaba, pemerintah, atau milik pemerintah) atau mereka yang mengajar bahasa Korea di lembaga pendidikan tinggi; ATAU
    c. Profesional yang terlibat dalam aktivitas/pekerjaan yang berkaitan dengan Korea (contoh: kurator galeri museum Korea, pustakawan studi Korea di universitas, jurnalis yang menangani urusan terkini di Korea, dll); ATAU
    d. Mahasiswa minimal tahun ketiga (minimal semester 5) / Lulusan S1 yang sedang/telah mengambil jurusan Studi Korea atau bahasa Korea; ATAU
    e. Mantan Diplomat yang telah menyelesaikan program KF Korean Language & Culture Program for Diplomats dan ingin mengambil lebih banyak kursus yang berfokus pada pelatihan bahasa.
  2. Peserta yang melamar beasiswa ini harus dapat berbicara dan mengerti bahasa Korea minimal level dasar.
  3. Beasiswa tidak diberikan bagi peserta yang:
    a. Merupakan warganegara Korea,
    b. Telah maupun akan studi/melakukan penelitian di universitas yang ada di Korea, atau
    c. Telah menerima KF Fellowship for Korean Language Training dalam 2 tahun terakhir.

 

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

  1. Formulir Pendaftaran Online termasuk proposal dengan panjang 400 kata dalam bahasa Inggris/Korea, berisi alasan dan tujuan untuk mengikuti pelatihan bahasa Korea, kebutuhan kompetensi bahasa Korea dalam studi atau pekerjaan anda saat ini, serta rencana masa depan.
  2. Fotocopy ijazah dari jenjang pendidikan terakhir. Sedangkan bagi mahasiswa S1 dan pascasarjana (yang belum lulus) bisa melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif (Certificate of enrollment) yang diterbitkan setelah 1 Mei 2021 dan transkrip nilai S1 dan S2.
  3. Bukti kemampuan berbahasa Korea (lampirkan salah satu dokumen berikut):
    a. Sertifikat kemampuan bahasa Korea, seperti TOPIK, KLPT (Korean Language Proficiency Test), dll.
    b. Transkrip nilai program bahasa universitas atau dokumen lain yang sesuai.
    c. Penghargaan resmi yang membuktikan kemampuan bahasa Korea, misalnya sertifikat penghargaaan Lomba Pidato Bahasa Korea yang diadakan oleh Kedubes Korea di RI.
  4. Dua (2) Surat Rekomendasi dari dua orang yang berbeda (disubmit langsung oleh pemberi rekomendasi melalui sistem aplikasi online), yaitu:
    a. Kepala institusi
    – Untuk mahasiswa S1 dan pascasarjana diberikan oleh kepala jurusan, pembimbing tesis, dll
    – Untuk profesor, dosen atau profesional diberikan oleh kepala institusi tempat bekerja
    b. Instruktur/Pengajar bahasa Korea
    Surat rekomendasi diberikan oleh profesor/dosen yang memiliki spesialisasi dalam bahasa Korea dan mampu mengevaluasi kemampuan bahasa Korea dari peserta.
  5. Untuk profesor, dosen, peneliti, profesional serta mantan diplomat melampirkan Surat Keterangan Karyawan (Certificate of employment) yang diterbitkan setelah 1 Mei 2021 dan transkrip nilai dari jenjang pendidikan terbaru.
 

 

Catatan: Terjemahkan dokumen yang masih dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Korea atau bahasa Inggris, kemudian lampirkan dokumen dalam bahasa Indonesia bersama dengan hasil terjemahannya.

 

CARA MENDAFTAR

  1. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan anda telah membaca Pengumuman Resmi serta dokumen FAQ yang tersedia pada link berikut: https://apply.kf.or.kr.
  2. Untuk mendaftar Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation, pelamar harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik tulisan JOIN pada bagian kanan atas website berikut: KF Online Application System. Pilih Individual Membership.
  3. Isi data-data yang diminta. Kemudian lakukan login dengan akun yang telah didaftarkan. Buka kembali link website di atas (KF Online Application System), kemudian klik Apply pada bagian bawah website. Lengkapi Formulir Pendaftaran Online dan unggah berkas dokumen yang telah di-scan.
  4. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation sampai dengan 31 AGUSTUS 2021.
  5. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada Desember 2021 melalui email yang telah didaftarkan.
  6. Pelatihan akan dimulai pada bulan Maret atau September Tahun 2022.

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai program Beasiswa Kursus Bahasa Korea oleh Korea Foundation, dapat menghubungi kontak berikut:
Email: [email protected]
Pertanyaan seputar pendaftaran online, email ke: [email protected]
Sumber Informasi Resmi: 
https://apply.kf.or.kr