Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ini Terbukti Berhasil Buat Kamu Yang Lagi Urgent Star4hire.com Indonesia

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ini Terbukti Berhasil Buat Kamu Yang Lagi Urgent

General

Dalam belajar hal yang paling utama sebelum melanjutkan artikel ini lebih lanjut adalah niat, kamu kalau tidak punya niat yang dalam maka tidak akan bisa belajar atau melakukan apapun karena segala sesuatu jika ingin tercapai dan berhasil harus ada niat, jadi mulai dari saat ini kamu harus sudah niat untuk belajar bahasa Inggris. Oke kalau kamu sudah memiliki itu sekarang saatnya berlanjut ke artikel berikutnya.

Belajar bahasa sebenarnya bisa cepat, sama hal nya dengan kamu berbicara yang setiap hari, sadar atau tidak setiap kamu melakukan perbincangan dengan teman atau kerabat kerja pasti selalu ada saja mendapatkan bahasa baru. Belajar bahasa itu juga jangan terlalu serius tidak seperti ilmu exact atau sains, selama ini mungkin kamu menjadi malas untuk berbicara bahasa inggris karena tidak bisa – bisa atau tidak berani untuk mengeluarkan atau menulis dengan bahasa inggris. Berapa juta dana yang sudah kalian keluarkan untuk bisa fasih dan aktif berbahasa inggris namun hasilnya masih sama saja.

Maka tak heran kalau kamu baca artikel seperti ini pasti langsung ingin membacanya karena yang instan lebih banyak disukai dari pada cara yang lama. Masih mau melanjutkan artikel ini? Kalau tekad kalian kuat pasti akan melanjutkan tapi kalau tekad kalian lemah ya sudah lebih baik sudahi saja sampai disini.

Karena semua hal itu butuh proses termasuk juga kamu membaca artikel ini termasuk juga proses. Asal kamu tahu nggak ada yang instan sebenarnya. Bahkan mie aja yang dicap instan perlu diproses dulu untuk membuatnya menjadi makanan siap saji. Kamu perlu mendidihkan air dulu kemudian merebus mie tersebut. Gitu gak sih?

Selain berproses, hal satu ini penting banget yaitu mengetahui tips yang bikin kamu mahir dengan cepat. Semua materi itu gampang koq, asalkan kamu tahu tips jitu menaklukannya. Bahkan tanpa kursus atau les privat, kamu bisa mahir dengan 9 cara cepat belajar bahasa Inggris berikut ini. Tapi ingat semua akan ada konsekuensinya buat kamu. Masih mau lanjut sampai disini? Yuk marii...

1. Mulai dari materi yang paling gampang dulu. Jangan pernah malu jika nanti kamu emang perlu materi setingkat SD. Malu hanya untuk orang pengecut.

Aku kan udah SMP/SMA, koq dapet materi kayak anak SD sih? Dari alphabet, kosakata bahkan membaca dongeng atau cerita anak. Idih, nggak level deh!

Eits, jangan sampai ada pikiran meremehkan sebuah materi dasar ya. Jika kamu emang mulai dari level beginneralias pemula, ya terima saja. Jangan pernah hilang pede karena harus bawa buku setingkat SD walaupun kamu udah gede.

Hal ini yang paling sering membuat seseorang gagal. Malu memulai dari tahap pemula. Dan malu jika harus belajar dari alphabet. Malu membaca dongeng atau cerita anak. Pokoknya, pengennya bisa tapi nggak mau mulai dari level pemula.

Mudah-mudahan kamu bukan salah satu dari kelompok pemalu itu ya.

Coba sesekali pergi ke toko buku impor, Periplus contohnya. Buku bahasa Inggris untuk anak SD (Primary School) biasanya dimulai dengan level yang lumayan tinggi. Mungkin itu karena standar di luar negeri (misalnya Singapura) memang lebih tinggi daripada di Indonesia.

Awal ngajar di SD National Plus yang muridnya ekspatriat, saya sempat heran dengan buku yang dipakai yaitu buku impor dari Singapura (My Pals are Here). Ya, memang kebanyakan murid di sana kesehariannya menggunakan bahasa Inggris, jadi buku tersebut pas buat mereka.

Jadi, mulai dengan materi dasar dulu. Misalnya untuk tenses bahasa Inggris bisa awali dengan Simple Present Tense. Bahkan materi SD harusnya nggak jadi masalah. Mengenal alphabet bisa sangat membantu meningkatkan keterampilan berbicara. Kosakata dari mendengar/membaca cerita anak akan membuat pengetahuan dan keterampilanmu meningkat pesat.

Selalu ingat hal ini: level beginner itu bukan hal yang memalukan. Semua ahli berawal dari level ini. Di level ini semangatmu akan diuji. Apakah kamu akan menang dan salut atau kalah dan tersenyum kecut?

2. Jangan Menghapalkan Kosakata. Mengapa??? Ini alasannya beserta hal yang sebaiknya kamu lakukan.

Ada yang kasih cara cepat belajar bahasa Inggris dengan menghapalkan beberapa bahkan puluhan kosakata setiap hari. Hm... efektif nggak ya??? Menurut pengalaman saya saat belajar sebuah bahasa asing, yang seharusnya dilakukan bukanlah menghapal kosakata.

Kamu nggak akan pernah mahir berbahasa Inggris jika hanya menghapal kosakata saja. Mengapa???

Coba jawab ini. Apa yang kamu perlukan saat percakapan? Kosakata, frase atau kalimat?

Saat berdialog dengan seseorang, misalnya bule, yang lebih banyak kamu perlukan adalah kalimat. Ya, mungkin terkadang perlu frase atau kosakata. Hanya terkadang saja. Untuk pemula tentu kita pelajari kalimat sederhana seperti kalimat Simple Present Tense.

Apa menghapal kosakata itu salah??? Eits, saya nggak bilang cara belajar seperti itu salah ya. Kalau tujuannya lulus tes besok, ya mungkin cara ini yang paling cepat. Tapi kalau tujuanmu untuk mahir berbahasa Inggris, belajar dengan menghapal kosakata bukanlah cara yang efektif.

Trus gimana donk???

Gunakan kosakata-kosakata yang kamu pelajari untuk membuat kalimat yang sederhana. Kemudian berlatih untuk mengucapkan kalimat tersebut berulang-ulang.

Masih belum nangkep maksudnya???

Oke, contoh sederhananya gini. Kamu udah belajar materi dasar seperti salam, perkenalan, angka. Juga beberapa kata sifat seperti handsome, beautiful, fat, slim.

Kemudian mempelajari tentang family seperti father, mother, sister, brother, grandmother, grandfather, uncle, aunty. Fokus pada beberapa kosakata saja dulu, kemudian susun kalimat sederhana dengan kata-kata tersebut.

Misalnya:

- I have a father. My father is fat.

- I have a mother. My mother is slim.

- I have two sisters. My first sister's name is... Her name is... My sisters are beautiful.

- I have one brother. My brother's name is... My brother is handsome.

Ini hanya contoh sederhana. Kalau kamu bisa bikin kalimat dengan kosakata yang lebih banyak, ya silahkan. Asal jangan kebanyakan karena kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa melihat teks. Sekali lagi, kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa teks.

Oleh karena itu fokus pada beberapa kosakata saja. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana. Kemudian berlatih mengucapkannya tanpa teks. Bukan menghapal! Tapi mengucapkan dengan memahami makna kalimat tersebut.

3. Kamu benci materi grammar? Oh, sayang sekali. Padahal ini adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

Benarkah grammar sedemikian pentingnya? Oh, bukan penting lagi. Tapi sangat sangat penting. Tanpa grammar, bahasa Inggrismu jadi kacau.

Grammar atau tata bahasa itu memiliki fungsi yang sama dalam bahasa Indonesia. Bisa kamu bayangkan sebuah bahasa tanpa tata bahasa? Biar lebih jelas coba kita perhatikan kalimat bahasa Indonesia ini:

1. bahasa Inggris saya tahun belajar mulai lalu.

Bisakah kamu paham kalimat tersebut? Seperti kalimat acak, kan? Jika kata-katanya kita susun sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang sesuai menjadi:

2. Saya mulai belajar bahasa Inggris tahun lalu.

Mana yang lebih gampang dipahami, kalimat pertama atau kedua? Kalimat pertama yang tata bahasanya "suka-suka gue" atau kalimat kedua dengan tata bahasa yang sesuai?

Jadi, kamu mengerti sekarang mengapa grammar alias tata bahasa sangat penting dipelajari. Kamu seharusnya belajar untuk menyukai grammar. Mengapa? Karena dengan grammar yang baik, kamu jadi tahu cara berkomunikasi dengan efektif.

Tumbuhkan antusiasme untuk mendalami grammar. Kebanyakan pemula malah benci dengan grammar. Padahal memahami materi dasar ini adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

4. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Listening: Tonton video atau film, dengarkan audio, dengarkan lagu. Pokoknya kamu mesti banyak berlatih mendengar!

Kamu suka nonton film Hollywood atau film British? Nah, hobi nonton film ini bisa dimanfaatkan agar cepat mahir.

Awalnya kamu bisa nonton film favoritmu dengan subtitle agar paham jalan ceritanya. Kemudian untuk kedua kalinya, kamu tonton film tanpa subtitle. Pasang telinga dengan baik dan coba pahami apa yang disampaikan oleh para tokoh dalam film tersebut.

Kalau sukanya film Korea, Jepang atau Thailand, gimana? Ini juga bisa dimanfaatkan lho. Kamu hanya perlu mencari subtitle dalam bahasa Inggris. Film Korea biasanya kan banyak episode tuh. Nah, kamu hanya perlu pilih satu episode yang udah pernah kamu tonton. Trus cari subtitle lalu tonton dan pahami.

Atau kamu suka Youtube-an? Nah, cari video-video dalam bahasa Inggris. Biasanya video di Youtube jarang yang pakai subtitle bahasa Indonesia. Jadi kamu bisa praktek listening melalui video dari Youtube.

Lebih doyan dengerin lagu daripada nonton film? Cara ini pas banget untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dengan cepat. Jangan hanya sekedar menikmati musiknya saja. Tapi pahami apa yang diucapkan oleh si penyanyi.

Dengarkan dan pahami lirik lagu tersebut. Ulangi mendengarkannya beberapa kali. Kemudian tulis lirik lagu dalam bahasa Inggris. Setelah lirik lagunya komplit, kamu bisa cocokkan dengan lirik yang tersedia di internet.

Dengan begitu kamu jadi tahu apa yang perlu ditingkatkan. Lakukan secara konsisten dengan mendengarkan lagu yang lain. Semakin sering kamu melakukannya, telingamu akan terbiasa dengan English pronunciation.

5. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Reading: Baca cerita, artikel atau teks dengan suara keras. Semakin sering melakukannya, lidahmu semakin terbiasa.

Yes, you must read English books.

Jangan membayangkan buku Harry Potter (English version) yang tebalnya sampai ratusan halaman apabila kamu diminta membaca buku dalam Bahasa Inggris. Atau membayangkan buku paket atau buku pelajaran yang berisi teori, grammar, struktur dan kosakata. Oh No...!!!

English books yang dimaksud di sini adalah buku bahasa Inggris yang tipis dan bergambar. Yes, you need a story book. Bacalah buku cerita atau artikel yang kosakatanya sesuai dengan kemampuanmu. Setingkat lebih tinggi, nggak masalah koq.

Seperti anak TK saja, baca buku cerita bergambar. Eits, jangan negatif dulu. Belajar dengan media cerita bergambar memberi manfaat yang besar lho. Tahukah kamu dengan membaca buku cerita bergambar kamu jadi lebih ingat dengan kosakata yang ada di dalamnya. Sekaligus, cara ini bisa meningkatkan keterampilan membaca alias reading dengan cepat karena sesuai dengan kemampuanmu.

Jika membaca buku cerita bergambar bukan hal yang menantang, cobalah membaca cerita pendek. Yap, cerpen tanpa gambar atau novel untuk anak atau remaja. Bacalah dengan suara keras. Cukup keras sehingga kamu bisa mendengarkan suaramu dengan baik.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang berhubungan dengan reading adalah menjadi pembaca yang aktif alias An Active Reader. What??? Pembaca aktif, apa maksudnya tuh?

Perhatikan kata-kata yang ada dalam cerita atau artikel tersebut. Perhatikan susunan kata dan tata bahasa alias grammar yang dipake dalam cerita atau artikel tersebut. Mulai menganalisis. Inilah yang disebut pembaca aktif.

Lakukan kegiatan membaca secara konsisten, misalnya 30 menit setiap hari. Jika kamu bersungguh-sungguh, dalam sebulan kamu akan melihat peningkatan yang signifikan.

6. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Speaking. Berpikir dan berbicara dalam bahasa asing ini bisa memberi hasil yang menakjubkan.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang keenam adalah berpikir dan berbicara dalam bahasa asing ini. Praktek berbicara atau speaking mungkin adalah hal yang lumrah. Biasa. Bagaimana dengan "berpikir dalam bahasa Inggris"???

Pernah ngobrol dalam bahasa asing ini??? Sadar atau nggak, saat ngobrol kita sering menerjemahkan, entah dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Metode “translation” ini kurang efektif untuk meningkatkan keterampilanmu.

Bahkan, kamu jadi keterusan pengen menerjemahkan agar bisa mengerti. Selain itu, responmu jadi lama. Kenapa? Karena kamu harus menerjemahkan dulu, baru memberi respon. Cara ini membuatmu kaku dan kurang natural. Trus gimana donk?

Think in English.

Yap, kamu perlu berlatih untuk berpikir dalam bahasa asing. Cara ini akan membuat otakmu terbiasa mengolah sesuatu dalam bahasa baru. Nah, saat ngobrol, responmu pun jadi lebih cepat tanpa harus menerjemahkan.

Gimana caranya berpikir dalam bahasa asing? Gampang banget! Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan melatih diri untuk berpikir dalam bahasa ini. Dengan kata lain, beri waktu kepada diri untuk terbiasa melakukannya. Ini salah satu cara yang efektif banget untuk meningkatkan keterampilanmu.

7. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Writing. Tulis dairy, tulis puisi, tulis catatan dan tulis apapun dalam bahasa asing ini. 10 Menit perhari, udah lebih dari cukup!

Nulis? Duh, aku nggak suka nulis!

Eits, tunggu dulu. Jangan langsung mikir kalo nulis dalam bahasa Inggris itu susah dan ribet. Kamu mesti berkenalan dengan yang namanya Creative Writing.

Creative Writing adalah jenis penulisan yang berada di luar ketentuan jurnalistik atau tulisan ilmiah. Kamu bisa nulis sebebas-bebasnya sesuai dengan imajinasi yang kamu miliki. Tema apa? Bebas.

Kadang kalau dikasi tema bebas, jadi bingung mau nulis apa. Mikir kelamaan, eh ujung-ujungnya nggak jadi nulis. Jangan sampai berujung tragis kayak gini ya. Kalau udah komitmen nulis, ya nulis. Nggak ada kompromi. Tulis apa saja dalam bahasa baru.

Cerita yang paling gampang ditulis adalah pengalaman menyenangkan/menyedihkan hari ini. Tulis dalam sebuah diary. Kamu suka nulis puisi? Ayo berkreasi dengan kosakata yang udah kamu pelajari.

Gimana dengan grammar?? Jangan terlalu ambil pusing masalah grammar. Yang jelas kamu tulis apa yang ada di kepala. Setelah itu baru deh ngurusin grammar dan spelling alias ejaan. Itupun kalau tulisanmu udah kelar. Pokoknya tulis apapun yang sudah kamu pelajari. Bahkan kamu bisa menulis menggunakan kosakata baru. Cara ini bikin kamu mengingat kosakata baru itu dengan cepat.

Berapa halaman nih nulisnya?? Kamu nggak harus nulis 5 halaman dalam sehari. Satu paragraf 100-200 kata udah cukup koq. Atau luangkan waktu 10 menit saja per hari untuk praktek menulis. Percaya deh, cara cepat belajar bahasa Inggris ini akan membuatmu semakin dekat dengan tujuan mahir dengan cepat.

8. Bangun dan pelihara koneksi dengan orang-orang yang kompeten. Cara cepat belajar bahasa Inggris ini bisa mengantarkanmu kepada sahabat bule.

Buat kamu yang masih sekolah, kamu bisa manfaatkan kesempatan emas ini. Apaan tuh? Lebih akrab dengan guru bahasa Inggris yang kamu miliki sekarang. Kalau perlu, sering-sering praktek dengan guru itu. Cara ini efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing dengan cepat.

Bangun koneksi dengan kakak tingkat yang pintar dan mau berbagi pengetahuan. Ikuti klub dan cari kenalan yang memiliki minat senada denganmu. Simpan nomor telepon / hp mereka dan tetaplah terkoneksi. Dengan begitu kamu punya partner saat ingin berlatih speaking dengan seseorang.

Kalau kamu merasa perlu ikut kursus bahasa Inggris atau les privat biar lebih mantap, ya monggo. Yang penting kamu punya niat yang besar untuk belajar. Semua kembali ke diri sendiri dan pengorbananmu. Cek subpoin 9, kamu akan paham!

Buat kamu yang udah lulus sekolah, nggak usah khawatir. Ada banyak orang kompeten di luar sana yang bisa kamu ajak berkomunikasi. Bahkan kamu bisa mendakati bule. Jika caramu memulai percakapan menarik perhatian, bisa jadi kalian jadi sahabat. Pengen kan punya teman bule?

9. Mengapa belajar bahasa Inggris? Apa yang akan kamu korbankan untuk bisa mahir dengan cepat?

Nah ini dia hal yang nggak boleh dilupakan. Bahkan kamu harus melakukannya sebelum memulai. Tetapkan satu tujuan. Yup, set a goal!

Tanya kepada dirimu mengapa kamu belajar sebuah bahasa asing. Gali alasan-alasan yang membuatmu (atau memaksamu) untuk tetap semangat. Entah mau masuk ke jurusan bahasa Inggris di universitas, jadi guide, ingin jadi pengusaha di bidang pariwisata. Ingin punya sahabat atau pasangan bule, atau hanya sekedar membuktikan kepada seseorang yang meremehkanmu.

Apapun tujuanmu, tetapkanlah satu untuk bisa menjadi motivasi setiap kali kamu mengalami kesulitan. Tujuan itu dapat memotivasimu untuk bangun dan tetap melangkah ketika kamu down.

Tips yang terakhir ini sangat essential. Keinginan dari dalam diri. Pacu terus diri dan kemauanmu untuk terus belajar. Sedikit paksaan terkadang juga perlu. Paksa dirimu sembari mencari alasan kuat dan menerapkan cara yang strategis.

Lihatlah seberapa penting bahasa asing mempengaruhi hidup orang-orang di lingkunganmu, terutama mereka yang sudah bekerja. Juga tanyakan kepada dirimu dan jawab dengan jujur "Apakah aku benar-benar ingin belajar bahasa Inggris?" Jika kamu telah menyadari bahwa kamu memiliki sebuah keinginan, perkuat keinginan itu.

Semua itu adalah cara cepat belajar bahasa Inggris yang gampang diterapkan, tapi susah diwujudkan. Cara-cara itu tidak akan bekerja tanpa keinginan yang kuat dari dalam dirimu. Semua kembali kepada seberapa besar keinginanmu. Juga seberapa keras usahamu, tanpa mengeluarkan biaya tinggi untuk kursus ataupun les privat. Kembali lagi kepada tulisan awal, semua ada konsekuensinya, kamu sebenarnya bisa ikutan program star4hire belajar bahasa inggris hanya waktu 3 bulan, pasti kamu bisa. Gak perlu panjang lebar kayaknya buat ngasih tau kamu bisa cek disini aja brosurnya http://bit.ly/2GABAar 


Share on Google+
Share on Tumblr
Share on LinkedIn
Share on WhatsApp

STAR4HIRE membantumu menuju pekerjaan impian.

Gabung Sekarang