Dapat Panggilan Wawancara Kerja? Cek Beberapa Hal Penting ini Star4hire.com Indonesia

Dapat Panggilan Wawancara Kerja? Cek Beberapa Hal Penting ini

General

Saat mendapat panggilan wawancara kerja, Anda pasti akan merasa gembira dan langsung mencatatnya dalam agenda. Jangan hanya sekedar mencatat saja, kebanyakan orang malah justru tidak mengecek tentang profil perusahaan dan lokasinya. Pastikan Anda mengetahui lokasi wawancara secara detail dan cara untuk mencapai tempat tersebut, serta pewawancara yang akan dihadapi.

Datang tepat waktu dan menjawab pertanyaan dengan baik tidak bisa menjamin juga Anda bisa sukses di wawancara kerja. Wawancara bukan sesi tanya-jawab saja. Anda juga harus bisa bikin kesan yang bagus ke pewawancara. Jadi segala sesuatu perlu dipersiapkan secara matang.

Mengapa mengonfirmasikan wawancara kerja begitu penting? Penyebabnya karena Anda bisa saja melakukan kesalahan dan melewatkan kesempatan emas tersebut. Mungkin Anda pernah menemukan seseorang yang datang ke kantor tempat wawancara kerja di hari yang salah. Atau ada teman Anda yang tidak mengetahui kantor perusahaan secara detail sehingga datang terlambat. Hal ini bisa saja terjadi pada diri sendiri. Berikut beberapa hal yang perlu Anda cek sebelum datang ke tempat wawancara kerja seperti disarikan dari The Balance.

1. Dengarkan dengan seksama

Dengarkan terlebih dahulu apa yang mereka sampaikan apabila melalui telepon, apabila melalui sms atau email baca dengan cermat.

2. Bila Anda bisa menghadiri, sampaikan terimakasih

Sampaikan ucapan terimakasih (singkat, jangan berlebihan). Ulangi lagi undangan mereka, contohnya: Terimakasih ibu/bapak atas kesempatan yang diberikan. Saya sanggup menghadiri interview pada tanggal 03 Mei 2018 10:00 di kantor pusat STAR4HIRE Jl wahid Hasyim.

3. Jangan Ragu Untuk Bertanya

Bila Anda tidak tau lokasi persisnya, jangan ragu-ragu untuk bertanya. Seperti patokan dan belokan. Anda juga bisa meminta link google map tag lokasi perusahaan mereka. Tanyakan juga kepada siapa Anda akan bertemu. Dan dokumen apa saja yang harus Anda bawa.

4. Kasih Alasan Yang mudah dan Relevan

Kalau Anda meminta reskedul interview, sampaikan satu poin alasan yang mudah dimengerti, masuk akal, dan tidak berbelit-belit. Ajukan jadwal yang Anda sanggupi. Penting untuk Anda ketahui bahwa menjadwal ulang panggilan mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk Anda dipanggil lagi. Karena alasan proses rekrutmen perusahaan itu sendiri, bila perusahaannya besar, interview dengan user atau pejabat tinggi akan sulit dijadwal ulang. Dan bila dalam rentang waktu antara jadwal interview dan jadwal pengajuanmu sudah ditemukan kandidat yang tepat, Anda tidak punya kesempatan lagi.

5. Tolaklah Dengan Kalimat Yang Baik

Kalau Anda menolak keseluruhan panggilan ini. Tolak lah dengan kalimat yang baik. Bila Anda tidak tertarik, jangan sampaikan mentah-mentah bahwa Anda tidak tertarik. Sampaikan rasa terimakasih dan permohonan maaf bahwa Anda tidak ingin meneruskan lamaran ini ketahap selanjutnya. Atau bila Anda sudah terikat dengaan kontrak kerja, sampaikan dengan baik kamu tidak melanjtkan lamaran karena Anda sudah ada ikatan kerja. Tim HR akan langsung memahami tanpa banyak bertanya.

6. Dengarkan dengan Benar dan Tanyakan

Untuk konfirmasi via telepon pastikan Anda mendengar dengan benar namanya. Tanyakan nomor telepon yang bisa dihubungi dan segera simpan. Untuk konfirmasi via email, gunakan subjek email yang jelas seperti: Konfirmasi Undangan Interview a.n Sinta Raniah (Customer Service) u.p Ibu Indah Susanti. Bila via sms, tulis nama dan posisi yang Anda lamar terlebih dahulu baru kemudian diikuti keterangan kesanggupanmu.

7. Periksa rincian jadwal wawancara kerja

Anda mungkin mendapat undangan wawancara melalui surat elektronik atau lewat telepon. Jika Anda hanya mendapat email, dan ingin mengetahui beberapa hal detail lebih lanjut, maka jangan sungkan untuk menghubungi nomor kontak yang ditulis pengirim surat.

Saat menelepon seseorang dari perusahaan atau menerima telepon dari pihak perusahaan, Anda perlu menanyakan lokasi detai tempat wawancara. Pastikan Anda mengetahui nama jalan, nama gedung, dan kalau perlu meminta petunjuk bangunan besar dan terkenal yang bisa dijadikan patokan. Sebagian orang akan berbaik hati dan memberi tahu Anda tentang cara dan kendaraan umum yang bisa digunakan untuk mencapai tempat wawancara kerja. Bahkan ada pula orang yang memberikan tips dan trik agar Anda memilih kendaraan dan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Selain alamat lengkap, Anda juga bisa menanyakan tentang nama orang yang akan menjadi pewawancara di kantor. Nama pewawancara bisa Anda gunakan sebagai "akses masuk" sehingga bisa melewati meja resepsionis dengan lebih mudah. Anda juga pelru menanyakan ruangan dan nama departemen yang akan dijadikan tempat wawancara kerja. Pastikan semua daftar tersebut dicatat di dalam buku agenda.

Jika mendapat undangan wawancara di tempat yang belum pernah didatangi, jangan lupa untuk memastikan lokasi dengan peta. Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone seperti Google Maps sebagai sumber untuk mendapatkan petunjuk arah dan untuk memetakan lokasi yang akan di kunjungi. Anda akan mengetahui petunjuk untuk mencapai tempat tujuan dengan cara mengendarai kendaraan pribadi, berjalan kaki, dan transportasi massal. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan Anda.

Jika tidak yakin dengan petunjuk lokasi yang didapatkan dari aplikasi, Anda bisa survei langsung ke lapangan. Lakukan uji coba dan kunjungi lokasi wawancara sebelum hari H. Anda bisa menghitung sendiri lama waktu perjalanan, kondisi kemacetan di sekitar kantor, dan posisi kantor secara presisi. Dengan begitu, Anda tidak akan terlambat untuk wawancara kerja.

8. Rencanakan waktu ekstra

Meski sudah tahu lama waktu perjalanan untuk mencapai tempat wawancara, Anda tetap perlu merencanakan waktu tambahan. Misalnya, waktu tempuh dari rumah ke kantor sekitar 1 jam, maka Anda bisa berangkat lebih awal satu setengah jam atau dua jam sebelum jadwal wawancara. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi sepanjang jalan misalnya kecelakaan di jalur yang dilalui, dan sebagainya. Jika tidak ada gangguan selama perjalanan, dengan memiliki waktu tambahan, Anda akan punya beberapa menit untuk menyegarkan diri, menarik napas, memastikan siap menghadapi pewawancara, dan membantu mencegah tekanan akibat terburu-buru.


Share on Google+
Share on Tumblr
Share on LinkedIn
Share on WhatsApp

STAR4HIRE membantumu menuju pekerjaan impian.

Gabung Sekarang