Sulit Mendapatkan Pekerjaan? Ikuti 9 Tips Ini Biar Cepat Dapat Kerja - Star4hire.com Indonesia

Sulit Mendapatkan Pekerjaan? Ikuti 9 Tips Ini Biar Cepat Dapat Kerja

General

Apakah Anda dipecat, baru saja lulus, atau sudah tidak tahan dengan pekerjaan Anda saat ini tidak ada satupun orang yang ingin hidup tanpa pekerjaan selama berbulan-bulan. Banyak orang yang masih berusaha keras mendapat pekerjaan yang mereka inginkan. Dalam banyak kasus, kemampuan akademis yang tinggi juga seringkali bukan jaminan untuk bisa diterima bekerja.

Orang-orang yang sudah mengirimkan puluhan surat lamaran tetapi tidak kunjung diterima bekerja seringkali menjadi frustrasi dan akhirnya putus asa. Akibatnya mereka cenderung menjadi pengangguran dan memiliki pemikiran yang negatif.

Proses mencari pekerjaan mungkin saja menjadi memakan waktu lama dan membuat frustasi jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat,  coba ikuti  9 tips jitu berikut dan dapatkan pekerjaan kurang dari satu bulan. 

1. Cek Ulang dan Perbarui CV/Resume

Sudah berapa puluh lembar kertas Anda habiskan untuk membuat surat lamaran kerja dan riwayat hidup? Atau, berapa kali Anda sudah mengirimkan surat elektronik untuk melamar pekerjaan? 

Daripada bermuram diri dan meratapi kemalangan, akan lebih baik jika Anda memikirkan hal-hal yang menjadi kekurangan. Coba cermati setiap baris surat lamaran kerja serta riwayat hidup yang telah dibuat. Anda tidak akan maju jika Anda tidak memperbarui resume,surat lamaran, dan portfolio Anda. Tanpa resume yang luar biasa Anda bahkan akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan undangan wawancara kerja. Setelah Anda memperbaiki ketiga hal diatas Anda hanya perlu menonjolkan beberapa hal tergantung pada posisi yang Anda lamar. 

2. Buat Rencana Lebih Matang 

Mulailah rencana Anda dengan mengetahui jenis pekerjaa yang Anda inginkan, kemudian cari lowongan yang cocok dengan kualifikasi yang Anda miliki setidaknya 80 persen. Gunakan media penyedia info lowongan pekerjaan akan tetapi kunjungi juga situs perusahaan untuk mengetahui lowongan yang tersedia. Hadiri acara bursa kerja yang menghadirkan perusahaan yang Anda minati. Pastikan Anda sudah mengetahui target perusahaan dan posisi yang Anda inginkan untuk mempersempit pencarian dan membuat Anda fokus dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

3. Latihan Wawancara

Sesi wawancara kerja adalah saat di mana Anda menjual diri. Untuk itu, katakan bahwa Anda mempunyai kelebihan yang tak dimiliki oleh orang lain, dan yakinkan dengan betul-betul bahwa diri Anda yang selama ini mereka cari. Ingat, bukan saatnya Anda merasa rendah diri. Untuk bisa melewati hal ini, Anda bisa mencoba untuk melatih diri Anda sendiri. Bisa dengan mencoba berbicara di depan kaca, atau membuat daftar mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin keluar ketika wawancara.

4. Bangun Hubungan ( Koneksi )

Media sosial merupakan media yang mempermudah Anda untuk membangun hubungan, termasuk dengan perusahaan. Mulai ikuti perkembangan media sosial perusahaan yang Anda minati dan untuk membangun ikatan. Hal ini akan membuat nama Anda familiar dengan manajer sosial media perusahaan serta Anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai budaya dan nilai perusahaan.

5. Ikut pelatihan

Pelatihan ini bisa berupa kegiatan seminar bahkan program sertifikasi. Menjajal kegiatan seperti ini akan mampu memperdalam beberapa keahlian yang sudah Anda miliki. Saat ini sudah banyak program perusahaan atau lembaga yang mengadakan pelatihan baik itu sertifikasi ataupun hanya sebagai penambah skill Anda.  Biasanya ada beberapa lembaga yang juga membantu dalam hal penyaluran pekerjaan. 

6. Jadi relawan

Jika Anda termasuk mahasiswa yang semasa kuliah aktif berorganisasi dan mempunyai banyak pengalaman di luar bidang akademis, maka itu adalah fondasi yang menguatkan Anda di dunia kerja. Namun apabila Anda tidak pernah terlibat organisasi seperti itu maka kini saatnya Anda menjajal kegiatan tersebut agar mampu memperindah CV yang dimiliki.

Anda bisa mencoba ikut berbagai kegiatan yang membutuhkan banyak sumber daya relawan. Selain menambah pengalaman dan keahlian baru, kegiatan seperti ini juga dapat memperluas jaringan pertemanan Anda. 

7. Fokus pada kualitas

Merupakan hal yang mudah untuk mengirimkan 100 buah resume ke lowongan yang berbeda, akan tetapi respon hanya akan datang ketika Anda menggunakan waktu untuk mengirim lamaran kepada perusahaan spesifik dan lowongan yang Anda minati. Jangan pernah mengirimkan resume tanpa melihat terlebih dahulu apakah lowongan yang dibuka sesuai dengan kriteria yang Anda miliki. Tugas Anda belum selesai, setelah mendapatkan panggilan wawancara kerja. Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan sehingga dapat membantu Anda untuk terlihat telah bekerja keras dan memiliki motivasi untuk mengisi posisi yang ditawarkan.

8. Tetap teratur

Proses mencari pekerjaan dapat berubah menjadi kacau ketika Anda tidak mengingat posisi apa di perusahaan mana yang Anda lamar serta dengan siapa Anda bicara sebelumnya. Buatlah catatan khusus untuk memeriksa perusahaan, posisi, dan tanggal Anda mengirimkan lamaran. Hal ini akan membantu Anda untuk melakukan follow up setiap lowongan yang Anda lamar.

9. Bersikap pro-aktif

Jika Anda hanya duduk dan menunggu tawaran pekerjaan yang datang maka Anda akan menunggu untuk waktu yang lama. Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan kurang dari 1 bulan maka Anda harus bersikap pro-aktif. Jika Anda belum mendapat kabar 2 minggu setelah Anda mengirimkan lamaran maka coba hubungi perusahaan untuk memastikan Anda mereka sudah menerima resume Anda. Hal ini juga akan membantu resume Anda lebih cepat dibaca oleh HRD perusahaan.


STAR4HIRE membantumu menuju pekerjaan impian.

Gabung Sekarang