Tips Sukses Walk In Interview - Star4hire.com Indonesia

Tips Sukses Walk In Interview

General

Para kalian yang sedang mencari kerja, pasti istilah walk in interview sudah tidak asing lagi. Bagi kalian yang baru mendengar istilah itu, gak perlu bingung, istilah walk in interview adalah proses wawancara kerja yang dilakukan secara langsung tanpa proses melamar kerja terlebih dahulu. Jadi kalian mengikuti proses wawancara sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan kemudian kalian langsung datang ke perusahaan yang bersangkutan dengan membawa CV kalian. Biasanya perusahaan yang memberlakukan walk-in interview langsung mewawancara atau memberikan serangkaian test pada para kandidat yang datang. Lalu, sebenarnya gimana sih agar sukses saat walk-in interview? Nah, di bawah ini tips singkat biar sukses walk in interview:


Pada intinya menjalani wawancara langsung (walk-in interview) sama saja dengan wawancara biasa. Hanya saja anda dituntut untuk lebih sigap dan siap karena anda langsung berhadapan dengan pewawancara saat melamar. Namun, sebelum anda memutuskan datang walk-in interview, anda perlu meneliti iklan lowongan kerja yang anda baca. Apakah bidang kerja dan posisi yang ditawarkan sesuai dengan anda. Jangan sampai jauh-jauh datang wawancara nggak taunya jenis pekerjaan yang ditawarkan nggak sesuai. Selain itu, kalian juga harus cermat untuk menganalisa keaslian info lowongan kerja tersebut.


Setelah anda yakin bahwa lowongan tersebut memang yang anda cari, buatlah resume dan CV yang baik dan lengkap. Kemudian persiapkan diri anda untuk datang langsung wawancara. Sebelumnya, pahami dulu lingkup kerja yang ditawarkan. Paling tidak, anda bisa prepare jika ada pertanyaan seputar lingkup kerja saat wawancara. Kemudian pilihlah pakaian yang rapid an sopan. Jangan lupa perhatikan penampilan anda keseluruhan. Pastikan bahwa penampilan anda rapih, bersih dan layak untuk menghadiri wawancara, dari ujung rambut sampai ujung kaki.


Kemudian bawalah alat, bilamana diperlukan saat wawancara. Usahakan agar kalian persiapkan sebelumnya, hindari meminjam alat tulis dengan peserta lain. Usahakan sebelum berangkat, anda sarapan atau makan terlebih dulu. Karena perut lapar membuat anda sulit konsentrasi. Konsumsilah makanan yang bergizi secukupnya. Jangan terlalu kenyang agar tidak menimbulkan egfek mengantuk.


Jangan sampai telat dari waktu yang ditentukan. Lebih baik dateng lebih awal sedikit daripada terlambat kan? Soalnya anda jadi lebih banyak waktu untuk menenangkan diri dan mempersiapkan segala sesuatunya.


Saat tiba waktu interview, tampilkan wajah yang cerah, ceria dan optimis. Jangan sekalipun anda menampakkan wajah kusam dan tak bersemangat. Saat berjumpa dengan pewawancara jabatlah tangannya dengan mantap (jangan terlalu lemah atau terlalu keras). Saat wawancara berlangsung, pastikan anda memahami semua pertanyaan yang diajukan. Jawablah setiap pertanyaan dengan percaya diri, optimis, jujur dan bersahabat tapi jangan berlebihan. Jangan ragu-ragu menjawab jika anda diminta untuk memberi penjelasan lebih rinci. Begitu juga saat pewawancara mempersilahkan anda untuk bertanya, jangan ragu menanyakan hal-hal yang belum jelas.


Jangan takut untuk menanyakan kapan hasil interview akan dikabarkan. Selesai wawancara, jangan lupa ucapkan terima kasih dan berikan jabat tangan anda yang paling hangat. Beri kesan positif saat anda meninggalkan ruang wawancara.

Jika dalam waktu dua minggu anda tidak mendapat kabar apapun, hubungi pewawancara via telepon dan tanyakan bagaimana hasil anda. Jika ternyata anda tak lolos seleksi wawancara, tak perlu sedih. Carilah kesempatan lain yang lebih baik. Anda justru bisa belajar dari kegagalan anda. Semoga sukses!

STAR4HIRE membantumu menuju pekerjaan impian.

Gabung Sekarang